A Quiet Place Bukan Film bagi yang Suka Berisik di Bioskop

by Prima Taufik 774 views

A Quiet Place Bukan Film bagi yang Suka Berisik di Bioskop
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Diam berarti hidup

Nama John Krasinski mungkin memang belum tenar sebagai sutradara karena sebelumnya dikenal sebagai aktor.  Bermain di 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi melambungkan nama Krasinski di jajaran aktor potensial. Namun, yang paling menguntungkan adalah perkenalannya dengan Michael Bay. Karena lewat rumah produksi Platinum Dunes milik sutradara Transformers Saga ini, film besar pertama Krasinski lahir. A Quiet Place merupakan film horor thriller yang akan membawa penontonnya dalam kesunyian yang mencekam.


Seperti judulnya film ini nyaris tanpa suara. Kita dibawa untuk memasuki keadaan sunyi yang dialami oleh para tokohnya. Penonton akan merasakan bagaimana paniknya mereka saat suara yang kecil pun bisa membawa malapetaka. John dan istrinya , Emily Blunt, memerankan suami istri yang harus bertahan hidup di alam yang sunyi. Mereka bersama anak-anaknya, diperankan Noah Jupe dan Millicent Simmonds, berkelana dan mencari tempat untuk tinggal.




Naskah yang sederhana dan pemain yang bisa dihitung dengan jari tidak berarti film ini tidak ada isi. Justru karena fokus pada karakter yang sedikit, kedalaman karakter dari setiap tokoh bisa digali dengan baik. Penonton bisa melihat keseharian keluarga ini bertahan hidup, apa yang mereka lakukan, apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan, serta adanya konflik keluarga yang menambah ketegangan saat adegan horor muncul di layar.


Suara adalah senjata utama film ini. Ketiadaan ataupun kemunculannya di setiap adegan terasa tepat. Kadang sunyi, kadang mengiris telinga. Yang pasti, efeknya tidak sesepi judulnya. Siap-siap terlonjak beberapa kali saat sensasi suara yang sunyi lalu menggelegar menghantam telinga.


Banyak film dengan tema serupa mencoba memberikan sensasi berbeda pada penonton. Mungkin sedikit yang berhasil, seperti A Quiet Place dan Don’t Breath. Namun, efeknya akan membuat kita tetap berdebar saat keluar dari ruang teater.