Joko Anwar Resmi Garap Gundala Produksi Screenplay Films

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 512 views

Joko Anwar Resmi Garap Gundala Produksi Screenplay Films
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Kembalinya sang putra petir ke layar lebar

Setelah Lifelike Pictures membuka jalan bagi adaptasi serial legendaris Tanah Air lewat film Wiro Sableng-nya, kini Gundala menjadi karakter kedua yang mendapat kesempatan diadaptasi ke layar lebar di masa modern ini. Sineas kenamaan Joko Anwar yang kemarin sukses menorehkan prestasi melalui remake horror Pengabdi Setan terpilih menyutradarai kelahiran kembali si putra petir. Untuk mengakomodasi Gundala, tiga rumah produksi bekerja sama, yaitu Screenplay Films, Legacy Pictures, dan Bumilangit Studios.

Untuk saat ini, tim produksi masih merahasiakan calon pemeran utama. “Sedang dalam tahap seleksi. Sudah terkumpul beberapa nama, tapi belum bisa diumumkan,” ungkap Joko Anwar dalam launching yang diadakan di bilangan Senayan. Syutingnya sendiri ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2018 dengan masa syuting 2,5 bulan. Gundala direncanakan rilis pada 2019 mendatang, bersamaan dengan 50 tahun kelahirannya.

Mengenai judulnya yang menghilangkan kata “Putra Petir”, Joko Anwar punya jawaban diplomatis. “Film ini akan menceritakan asal-muasal Gundala. Apakah nanti dia sudah punya kekuatan petirnya, belum bisa saya bocorkan.” Sedikit bocoran dari tim Bumilangit Studios adalah terdapat tiga kostum yang sudah mereka persiapkan. Selain itu, jika dalam komiknya, Gundala berlokasi di Yogyakarta, maka kini Joko Anwar akan mengambil Jakarta sebagai latar kisahnya.

Sebagai informasi, Gundala diciptakan oleh Harya Suraminata atau lebih dikenal dengan nama Hasmi. Dalam menciptakan tokoh Gundala, Hasmi terinspirasi oleh tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir. Pertama kali terbit pada tahun 1969, Gundala langsung menjadi tokoh cerita gambar legendaris Indonesia hingga sekarang. Gundala sendiri telah merilis 23 judul hingga tahun 1982.