Nini Thowok: Horor Biasa yang Mudah Terlupakan

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 1202 views

Nini Thowok: Horor Biasa yang Mudah Terlupakan
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Jangan salah sangka, ini bukan biopik penari legendaris dari Temanggung.

Legenda urban memang seakan tidak pernah habis untuk digali menjadi film horor. Mulai dari rumah kentang, rumah gurita, hantu Jeruk Purut, dan masih banyak lagi. Kini, giliran Nini Thowok, legenda asal Tanah Jawa yang menjadi sosok sentral dalam film berjudul Nini Thowok. Rumah produksi TBS Film pun mendapuk Natasha Wilona sebagai pemeran utamanya. Apakah film ini akan selaku Danur yang sukses besar tersebut?

Sayangnya, beberapa adegan yang dihadirkan Nini Thowok ini bisa jadi akan mengingatkan kita pada Danur. Pemeran utama perempuan, rumah tua yang sepi, hingga adik cewek yang terancam keselamatannya. Tidak ketinggalan adanya Ingrid Widjanarko yang juga muncul dalam Danur, meskipun kali ini beliau diberi kesempatan berdialog.


Menggunakan bintang sinetron sebagai tokoh karakter film bisa membawa dua hal. Aktingnya bisa jadi kesinetron-sinetronan atau malah aktingnya cukup matang. Faktor pertama yang agaknya menjadi problematika di film ini karena akting Wilona yang berangkat dari sinetron terasa kaku. Begitu juga dengan lawan mainnya, Amec Aris. Dialog-dialog yang dilontarkan keduanya terasa tidak hidup dan seperti hanya menghafal saja. Ingrid Widjanarko yang biasanya bermain bagus juga ikut-ikutan terbawa akting sinetron sehingga terasa berlebihan.

Meski terdapat kekurangan, namun tata artistiknya cukup dapat diacungi jempol. Bangunan tua hotel Mekar Jiwo, boneka Nini Thowok, dan keangkeran kamar yang terkunci. Beberapa adegan jump scare pun sukses membuat penonton terlonjak. Namun, sayangnya film ini tiba-tiba menghadirkan ending yang membingungkan dan menimbulkan tanda tanya. Ditambah lagi dengan efek CGI yang terus-terang jauh dari kata memuaskan menjelang akhir. Musiknya yang berusaha membuat penonton kaget dengan berbagai hentakan dan lengkingan biola terasa berisik di beberapa bagian.

Dengan pesonanya yang besar di layar kaca, TBS Film sepertinya cukup berharap banyak pada Wilona. Namun, dengan naskah yang kurang tergarap sempurna, film ini jadi sekadar horor biasa yang mudah terlupakan setelah penontonnya keluar dari bioskop.