Black Panther: Antara Rasa Cinta Keluarga, Kekasih, dan Negara

by Prima Taufik 733 views

Black Panther: Antara Rasa Cinta Keluarga, Kekasih, dan Negara
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Wakanda forever!

MCU memang dikenal jago membuat cerita asal-usul superhero mereka. Kali ini, Black Panther dan negara fiksi Wakanda-nya menjadi sorotan utama. Black Panther sendiri sebelumnya sudah diperkenalkan saat Captain America: Civil Wars. Mengambil setting waktu tidak lama setelah kejadian di Civil War, kini T’Challa (Chadwick Boseman), sang Black Panther, harus melanjutkan kepemimpinan ayahnya di Wakanda sebagai raja. Negara yang kaya akan vibranium ini ternyata lebih dari sekedar apa yang terlihat di mata.

Perpaduan antara unsur teknologi futuristik dan earifan budaya lokal Afrika menjadi unsur paling menarik dari film besutan Ryan Coogler ini. Jika hanya mencari jalinan kisah, tentu semua sudah paham akan seperti apa jalan ceritanya. Namun, bagaimana Coogler menampilkan Wakanda kepada fans setia MCU rasanya menjadi hal yang paling ditunggu. Semuanya berhasil diperlihatkan dengan sangat memukau. Seperti memasuki dunia yang benar-benar berbeda dari semua MCU yang sudah ada selama ini.

Ini salah satu cerita origin terbaik yang ada di MCU. Konflik yang muncul memiliki asal yang jelas. Bahkan, Erik Killmonger (Michael B. Jordan) yang menjadi musuh utama punya motif yang kuat mengapa ia sangat membenci Black Panther. Tidak hanya serta-merta memiliki visi dan misi menjadi penguasa dunia seperti tipikal villain pada umumnya. Unsur politik dan kemanusiaan yang kental juga menjadi salah satu daya tarik cerita superhero Afrika ini. Banyak dialog yang sepertinya sedikit menyentil keadaan dunia sekarang ini.


Semua cast yang memiliki darah Afrika menambah daya tarik film ini (kecuali Martin Freeman sebagai agen CIA Everett Ross).  Kedekatan emosional mereka saat memerankan tokoh masing-masing terlihat sangat natural. Agaknya pengaruh banyak artis kelas wahid semacam Forest Whitaker, Lupita Nyong’o, Angela Basset, Danai Gurira, dan Daniel Kaaluya yang sudah tidak perlu diragukan lagi kepiawaian aktingnya membuat tone film terjaga hingga akhir. Yang paling mencuri perhatian adalah Letitia Wright sebagai Shuri, adik T’Challa yang sangat jenius dan kepala ilmuwan di Wakanda. Dari kejeniusannyalah, semua teknologi terbaru di Wakanda berasal. Akan menarik menlihatnya beradu ilmu dengan Tony Stark.

Black Panther adalah film MCU yang cukup memuaskan sejak Iron Man 1 sebagai origin. Penceritaan yang mendalam, alam Afrika yang menarik, perpaduan teknologi dan budaya yang asyik, serta keterhubungannya dengan film MCU lain adalah beberapa hal yang cukup menjadi alasan untuk menontonnya sekarang. Setidaknya, film ini menjadi pemanasan sebelum Avengers: Infinity Wars nantinya.