The Commuter: Aksi Pria Pensiunan Menyelamatkan Sandera

by Prima Taufik 183 views

The Commuter: Aksi Pria Pensiunan Menyelamatkan Sandera
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Seperti pepatah lama, Liam Neeson makin tua makin menjadi.

Liam Neeson sudah menjadi ikon untuk aksi laga yang melibatkan dunia hitam seperti mafia, polisi korup, dan lain sebagainya. Di usia yang sudah tidak muda lagi, Neeson masih mendapatkan dan mengambil peran-peran yang menuntutnya untuk melakukan aksi laga. Yang terbaru, pemeran Dewa Zeus dalam Clash on Titan ini beraksi menyelamatkan penumpang di sebuah kereta yang ia tumpangi setiap hari. Taruhannya adalah keluarganya yang menjadi sandera si penjahat. Ini adalah premis dari film terbarunya berjudul The Commuter. Ia tidak sendiri karena ada Patrick Wilson dan Vera Farmiga yang turut beradu akting.

James Collet-Serra adalah orang yang berada di belakang film ini. Ini kali ketiganya berkolaborasi bersama Neeson setelah The Unknown dan Run All Night. Collet-Serra yang memang sudah berpengalaman menggawangi film-film aksi berbujet rendah berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Film awalnya berjalan dengan lambat karena mengisahkan kehidupan Michael MacCaulay yang membosankan sebagai agen asuransi. Ia dan keluarganya hidup bahagia dan terencana. Suatu waktu, saat dalam perjalanan pulang di kereta komuter, ia didekati wanita misterius yang menawarkan sesuatu yang sepertinya mudah untuknya dan mendatangkan keuntungan yang besar. Tapi seperti yang sudah diduga, semuanya tidak akan berjalan mulus.

Collet-Serra dengan rapi menyusun jalinan cerita sehingga penonton dibuat simpatik dengan situasi yang dihadapi tokoh utama. Lalu, kisah pun berjalan cepat dan padat sehingga mampu membuat penonton menerka-nerka siapa sebetulnya yang dicari oleh karakter Michael MacCaulay. Dan bagusnya, saat semuanya terungkap tidak serta-merta semua berakhir, masih ada lapisan cerita lain yang mengikuti. 


Liam Neeson memang masih tampak sehat dan berkharisma di usianya yang sudah mulai uzur. Namun, jika harus beraksi dan melakukan adegan laga, akan kentara sekali jika ia sudah melewati batas maksimalnya. Walaupun dengan potongan adegan cepat dan perpindahan kamera yang bagus, tetap terlihat jika Neeson sudah lambat. Ia sudah jauh melewati masa puncaknya di saat membintangi Taken (2008).

Mungkin di usianya yang sekarang, ia lebih cocok jadi pejabat militer berpangkat jenderal yang tidak perlu turun ke lapangan tapi lebih ke arah adu strategi. Sayang sekali, kemunculan Vera Farmiga (Joanna) dan Patrick Wilson (Alex Murphy) tidak terlalu signifikan walau mereka memiliki peran yang penting dalam cerita. Namun begitu, penempatan mereka dilakukan dengan tepat sehingga tidak terasa seperti tempelan. 

Film aksi menarik tidak harus penuh dengan efek yang membabi-buta, tapi bisa menyampaikan pesan cerita dengan baik ke penonton dan membuat penonton menikmati setiap adegan hingga credit title muncul dan The Commuter bisa melakukan itu.


Artikel Terkait