Jumanji: Welcome to The Jungle Membawa Kita ke Dunia Baru Jumanji

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 743 views

Jumanji: Welcome to The Jungle Membawa Kita ke Dunia Baru Jumanji
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Dibuat lebih segar dengan selipan komedi di sana-sini.

Dwayne Johnson mungkin bisa dikatakan spesialis remake. Setelah sukses mengocok perut penonton lewat Baywatch, kini ia hadir kembali lewat Jumanji: Welcome to the Jungle. Selain Johnson, hadir pula sederet pemain untuk “diceburkan” ke dalam permainan berbahaya ini, seperti Kevin Hart, Jack Black, Nick Jonas, hingga si cantik Karen Gillan. Sutradaranya sendiri adalah Jake Kasdan yang sukses mengarahkan Cameron Diaz dalam Bad Teacher.

Kasdan tetap mempertahankan garis besar kisah Jumanji, yaitu sebuah permainan berbahaya yang menarik para pemainnya ke sebuah dunia baru berupa alam liar. Namun, mengikuti perkembangan zaman, jelas boardgame sudah mulai ditinggalkan. Untuk itu, permainan Jumanji disulap menjadi video game dengan karakter yang bisa dipilih, non-player character, kekuatan, kelemahan, hingga level yang semakin sulit. Alih-alih menarik alam liar ke dunia nyata, empat pemainnya dibuat terlempar ke dunia Jumanji dan diharuskan menyelamatkan dunia itu dari seorang penjahat.

Sama seperti film terdahulunya, Jumanji: Welcome to the Jungle pun ramah untuk ditonton oleh keluarga. Tidak ada adegan kekerasan atau humor-humor kasar yang menyerempet jorok. Namun, sangat terasa bahwa Kasdan berusaha untuk tidak terjebak ke dalam sebuah film drama mengikuti pendahulunya. Sempalan komedi diselipkan di sana-sini. Bukan komedi yang sekadar membuat kita tersenyum, tapi juga hingga tertawa terbahak-bahak. Berbagai tingkah Jack Black dan Dwayne Johnson pun mengundang tawa. Namun, tentu saja, bintang utama film ini adalah Kevin Hart. Si bawel ini sukses meriuhkan suasana, bahkan di adegan-adegan serius sekali pun.


Karen Gillan pun tidak hanya sekadar pemanis belaka. Setelah dirias begitu rupa hingga tidak terlihat wujud aslinya dalam Guardians of the Galaxy, kini wajah cantik Gillan pun terlihat. Memang, di dalam kerimbunan hutan dan deretan cowok-cowok yang dihadirkan dalam Jumanji: Welcome to the Jungle, pemeran Nebula ini menjadi penyegar.

Sangat disayangkan bahwa selain cameo kotak Jumanji dari film pertama, tidak ada pemain lama yang dimunculkan, seperti Kirsten Dunst, Bonnie Hunt, dan Bradley Pierce. Jika salah satu dari mereka ada, tentunya itu menjadi gimmick bagi para penonton terdahulu dan menjadi nostalgia tersendiri. Beberapa bagian juga kurang tergali, seperti latar belakang penjahat, bagian lain dari Jumanji, beberapa karakter non-player, dan masih banyak lagi. Namun, hal ini masih bisa dimaklumi karena dunia yang mereka masuki adalah dunia game sehingga memang hanya daerah lokasi mereka yang bisa dijelajahi. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada sekuel yang mengeksplorasi bagian lain dari Jumanji.

Namun, sebagai film di pengujung tahun, Jumanji: Welcome to the Jungle jelas sebuah film hiburan yang menyajikan paket komplit. Selain petualangan dan ketegangan, para pemainnya juga sanggup menghadirkan kelucuan tiada henti. Kita akan keluar bioskop dengan hati senang.