Annabelle: Creation Mengembalikan Kenikmatan Dihantui Boneka Setan

by Prima Taufik 562 views

Annabelle: Creation Mengembalikan Kenikmatan Dihantui Boneka Setan
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Sudah sering dibilang hati-hati dengan permohonanmu.

Film pertama Annabelle yang gagal secara kritik dan finansial tidak membuat Warner Bros. patah arang. Film berikutnya tetap dibuat dengan mengangkat asal-usul boneka seram Annabelle ini. David F. Sandberg yang berhasil mengeksekusi horor Lights Out dengan gemilang didapuk untuk duduk di belakang layar. Pilihan yang sangat tepat karena Sandberg berhasil membuat penonton tegang hingga akhir film. Sandberg yang sedang dirumorkan untuk menangani Shazam mengembalikan rasa takut penonton saat pertama kali menyaksikan The Conjuring.

Mengambil setting jauh dari waktu kehadiran Ed dan Lorraine Warren, kita diajak mengenal keluarga Mullins. Samuel Mullins (Anthony LaPaglia) merupakan pembuat boneka andal. Namun, dia dan istrinya (Miranda Otto) sangat menderita saat anak mereka satu-satunya meninggal karena kecelakaan. 12 tahun kemudian sekumpulan anak panti asuhan dan Suster Charlotte yang diundang untuk tinggal di rumah keluarga Mullins mengalami kejadian yang mengubah hidup mereka selamanya.

Premis yang ditawarkan sebenarnya bukan barang baru dalam dunia film horor. Benda yang kerasukan setan terutama boneka sudah sering difilmkan dan hasilnya berbeda-beda. (ehmm...The Doll). Akan tetapi, di sinilah kepiawaian seorang sutradara diuji. Cerita harus kuat, namun di satu sisi juga harus bisa menakuti penonton dengan horor yang tidak murahan. Bisa dibilang Annabelle: Creation punya keduanya. Cerita kelam sekaligus menyedihkan yang menimpa keluarga Mullins ditambah horor yang membuat jantung berdebar-debar sepanjang film.



Layaknya The Conjuring yang memiliki beberapa momen horor memorable, begitu juga dengan Annabelle: Creation ini. Adegan saat Janice menutupi boneka dengan kain putih dan tiba-tiba boneka bergerak, adegan Linda yang memainkan tembakan bola, hingga adegan saat anak-anak panti asuhan dikejar orang-orangan sawah. Semua itu sanggup membuat kita menjerit ngeri dan kaget di beberapa bagian.

Tidak ada karakter yang benar-benar menonjol di sini. Semuanya dapat porsi yang pas untuk tampil dan ditakut-takuti. Boneka Annabelle sendiri menjadi sentral dalam cerita dan berhasil memberi rasa was-was setiap muncul dalam adegan. Untungnya, horor film ini tidak bergantung pada jumpscare dan sound yang berisik. Horornya tertata dengan apik dan menyatu dalam cerita. Bagusnya, Anabelle: Creation ini makin asyik dengan sempilan beberapa adegan comic relief yang berhasil membuat penonton tertawa. Jadi, walaupun jantung sedang berdebar-debar, kita masih bisa sedikit tertawa sebelum ditakut-takuti lagi.

Film ini memang pembangkit bagi Conjuring Universe untuk menjadi franchise yang solid ke depannya. Bagi yang menonton jangan lupa untuk menyaksikan dua credit scene di bagian tengah dan akhir ya.