Stip & Pensil: Tema Pendidikan di Layar Lebar Tidak Harus Selalu Berat

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 342 views

Stip & Pensil: Tema Pendidikan di Layar Lebar Tidak Harus Selalu Berat
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Dengan naskah ditulis oleh Joko Anwar, Stip & Pensil mencoba menghadirkan film bertemakan pendidikan yang ringan, namun bisa jadi renungan.

Pendidikan memang bukan hal yang baru untuk dijadikan tema film layar lebar. Namun, kebanyakan mengangkat tema tersebut secara serius dengan genre drama. Menimbulkan kesan bahwa film pendidikan itu bersifat menggurui dan berat. Namun, film terbaru produksi MD Pictures, Stip & Pensil, mencoba mendobrak stigma tersebut.

Premis “mendirikan sekolah untuk anak jalanan” memang rasanya mustahil disajikan dalam bentuk komedi. Apalagi melibatkan perkampungan kumuh dan satpol PP. Untunglah, Joko Anwar selaku penulis naskah dan Ardy Octaviand yang duduk di kursi sutradara tidak menjadikan film ini sebagai film penguras air mata.

Selipan komedi di sana-sini dijamin membuat kita tertawa. Uniknya, tawa ini tidak hanya hadir lewat beberapa karakter pendukungnya, tapi juga sosok Tatjana Saphira. Perannya sebagai Bubu yang polos, tapi telmi jadi karakter simpatik yang bisa dibilang cukup menonjol di antara Ernest, Ardit, dan Indah. Penonton jadi menunggu-nunggu, apalagi yang akan dilontarkan Bubu. Namun, peran Bubu ini untunglah tidak dieksploitasi sedemikian rupa oleh Ardy sehingga bukannya simpatik, malah lama-lama jatuhnya menyebalkan.


Sayangnya, ada beberapa hal yang terasa mengganggu dalam film ini. Dubbing menjadi salah satu kekurangan Stip & Pensil, terutama untuk karakter Richard, yang terasa kasar. Munculnya selipan adegan yang melibatkan tukang mie pangsit juga terasa melebar dari alur cerita. Konflik cinta segitiga yang coba dihadirkan di penghujung cerita pun terasa seperti tempelan saja karena diselesaikan secara terburu-buru dan “udah-gitu-aja”. Seakan film tentang anak sekolah wajib memasukkan unsur cinta.

Secara keseluruhan, Stip & Pensil salah satu film yang berhasil mengangkat tema pendidikan tanpa terjebak ke dalam film yang membosankan. Ansambel pemainnya juga cukup menarik karena menggabungkan antara komika dengan aktor dan aktris muda.