One Way Trip: Perjalanan Empat Sahabat yang Tak Sesuai Rencana

by Prima Taufik 231 views

One Way Trip: Perjalanan Empat Sahabat yang Tak Sesuai Rencana
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Sebuah perjalanan untuk farewell party harus berakhir kelam. Apakah ada happy ending untuk empat sahabat ini?

Satu lagi film dari negeri ginseng Korea Selatan yang kental akan unsur dramanya akan segera tayang di jaringan bioskop Indonesia. Kali ini, tema persahabatan menjadi kisah utama dari latar film yang tayang perdana di Busan Internatinal Film Festival ke-20 tahun 2015 lalu ini. Film yang berjudul internasional One Way Trip ini menceritakan mengenai perjalanan empat orang sahabat ke Pohang dalam rangka bersenang-senang sebelum salah satu dari mereka mengikuti wajib militer.

Adalah Yong bee (Ji Soo) yan merencanakan semua perjalanan ini. Ia mengajak dua sahabat lainnya, yaitu Ji Gong (Ryu Jun Yeol) dan Doo Man (Kim Hee Chan) yang keduanya sebenarnya sibuk dengan urusan masing-masing. Ji Gong harus belajar untuk lulus ujian universitas, sedangkan Doo Man sedang ujian latihan baseball untuk lulus masuk tim universitas. Keduanya “diculik” Yong Be untuk menuju rumah Sang Woo (Suho EXO) dalam rangka melepasnya ikut wajib militer.

Sang Woo sebenarnya tidak tega bepergian karena tinggal dengan neneknya yang sudah renta, tapi masih bekerja untuk membiayainya kuliah. Ia sebenarnya masuk wamil karena ingin punya pekerjaan agar sang nenek tidak perlu bekerja lagi untuk mereka, tetapi kegigihan sang nenek membuatnya tidak tega mengatakan hal sebenarnya. Ketika temannya datang, Sang Woo akhirnya ikut mereka untuk merayakan perpisahan sebelum ikut wamil.

Namun, liburan mereka tidak semulus yang diduga setelah suatu insiden membuat mereka harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Setelah bersusah payah kabur, akhirnya mereka bisa lolos tetapi suatu kecelakaan menimpa salah seorang dari mereka dan semuanya kacau. Apa yang terjadi? Bagaimana akhir liburan mereka? Bagaimana persahabatan mereka diuji dengan insiden ini? Semuanya bisa terjawab nanti pada tanggal 15 Juni saat One Way Trip garapan Choi Jeong-Yeol main di bioskop tanah air.

Sebagaimana khasnya film asal negeri penghasil K-pop ini, alurnya pelan namun pasti. Drama ini memiliki konflik yang bisa membuat orang terhanyut saat menontonnya, tetapi juga diselingi komedi natural yang membuat para penonton tertawa. Inilah salah satu kekuatan film-film dari Korea Selatan karena tema yang diangkat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan relatable dengan penonton sehingga mereka bisa merasakan langsung bagaimana jika berada di posisi tokoh utama. Alur cerita yang sedikit tidak linear tidak mengganggu cerita justru memudahkan penonton memahami beberapa kejadian.

Akting para pemain patut diacungi jempol karena empat sahabat ini terlihat begitu natural dan benar-benar seperti sahabat sejati. Kelakuan-kelakuan konyol mereka mengingatkan kita pada teman-teman sepermainan kita yang suka mengerjai satu sama lain, namun punya rasa memiliki yang kuat. Keempatnya sendiri baru pertama kali bermain bersama dalam satu film, bahkan bagi Suho dan Kim Hee-Chan ini merupakan kali pertama mereka bermain dalam film setelah sebelumnya hanya mendapat peran kecil di drama TV.

Tapi tentu tidak ada film yang sempurna di dunia ini dan One Way Trip pun tidak mendapat pengecualian. Film ini sudah bagus dalam membangun konflik yang harus dihadapi oleh para tokoh utama, tetapi kemudian penyelesaiannya terjadi begitu saja seolah menggampangkan. Penonton dibuat janggal oleh bagian akhir film ini karena merasa seharusnya apa yang disajikan masih setengah jalan. Masih banyak subplot yang belum dijelaskan oleh sutradara, namun diabaikan begitu saja sehingga menimbulkan beberapa pertanyaan yang tidak terjawab. Apakah ini memang disengaja atau plot tersebut memang dihilangkan di akhir agar durasi tidak terlalu panjang, hanya sutradara yang tahu.

Bagaimanapun One Way Trip tetaplah film yang bagus untuk ditonton terlepas dari bagian akhir yang terlihat seperti dipaksakan. Satu lagi produk bagus dari perfilman Korea Selatan.

 

Artikel Terkait