Star Wars: The Last Jedi Raih Pendapatan Global US$450 juta

by Irna Gayatri 386 views


Star Wars: The Last Jedi Raih Pendapatan Global US$450 juta

Baru beberapa hari tayang, Star Wars: The Last Jedi produksi Walt Disney Pictures dan Lucasfilm telah meledak di pasaran. Dibuka dengan pendapatan domestik US$45 juta pada Kamis lalu, saat ini film garapan sutradara  Rian Johnson ini bahkan telah meraih totoal pendapatan global sebesar US$450 juta, dengan estimasi pendapatan domestik sebesar US$220 juta. Angka ini membuat The Last Jedi menjadi film dengan pendapatan debut terbesar sepanjang 2017 dan terbesar kedua sepanjang masa, berada di belakang Star Wars: The Force Awakens yang mencapai US$247.9 juta.

Di pasar internasional, The Last Jedi telah meraih total pendapatan US$230 juta dari 54 pasar sehingga mencatatkan total pendapatan global sebesar US$450 juta. Angka ini belum termasuk pendapatan dari China yang biasanya memberikan sumbangan paling besar. Di China, The Last Jedi baru akan tayang pada 5 Januari 2018.

Meraih pendapatan global US$450 juta pad aminggu pertamanya membuat The Last Jedi menjadi film dengan pendapatan pembukaan terbesar kelima sepanjang masa. Film ini berada di belakang The Fate of the Furious (termasuk pendapatan dari China), Star Wars: The Force Awakens, Jurassic World (termasuk pendapatan dari China), dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2. Dari IMAX, film ini telah mencatatkan pendapatan US$40.6 juta dari 776 bioskop dan menjadi film yang ditayangkan terbanyak di IMAX setelah Star Wars: The Force Awakens.

Pendapatan internasional terbesar disumbangkan oleh Inggris sebesar US$36.7 juta, Jerman sebesar US$23.6 juta, dan Prancis sebesar US$18.1 juta. Star Wars: The Last Jedi juga menerima nilai A dari penonton dalam CinemaScore. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson. Film ini dibintangi oleh Mark Hamill, mendiang Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Lupita Nyong’o, Oscar Isaac, Domnhall Gleeson, Anthony Daniels, Gwendoline Christie, dan Andy Serkis. Benicio Del Toro, Laura Dern, dan Kelly Marie Tran juga berperan menjadi wajah baru dalam film ini.


Di posisi kedua, film animasi produksi 20th Century Fox  dan Blue Sky Studios, Ferdinand, meraih pendapatan domestik US$13.3 juta. Di pasar internasional, film garapan Carlos Saldanha ini meraih pendapatan US$6.2 juta dari 18 pasar. Namun, film yang diadaptasi dari buku anak-anak karya Munro Leaf dan Robert Lawson ini akan kembali dibuka di 44 pasar minggu depan. Jadi, angka ini kemungkinan masih akan terus bertambah. Film ini diisi suara oleh John Cena, Kare McKinnon, Anthony Anderson, Bobby Cannavale, Peyton Manning, Gina Rodriguez, Miguel Angel Silvestre, David Tennant, Flula Borg, Jerrod Carmichael, Daveed Diggs, Gabriel Iglesias, Juanes, Boris Kodjoe, dan Karla Martinez.

Selanjutnya, Coco produksi Disney Pixar harus turun ke posisi ketiga minggu ini dengan pendapatan domestik tambahan sebesar US$10 juta. Pada minggu keempatnya ini, total pendapatan domestiknya telah mencapai US4150.8 juta. Di pasar internasional, Coco menambah US$24.7 juta menjadi US$297.4 juta. Total pendapatan globalnya kini telah mencapai US$448.2 juta, dengan US$153.9 juta didapatkan dari China dan US$57.2 juta didapatkan dari Meksiko. Disutradarai oleh Lee Unkrich bersama Adrian Molina, film ini diisi suara oleh Anthony Gonzalez, Benjamin Bratt, Gael Garcia Bernal, Edward James Olmos, dan Alanna Ulbach.

Wonder pun harus turun ke posisi empat dengan pendapatan domestik tambahan US$5.4 juta. Selama lima minggu penayangannya, Wonder telah meraih total pendapatan domestik sebesar US$109.3 juta dan total pendapatan internasional sebesar US$44.4 juta. Film garapan Stephen Chbosky ini telah meraih total pendapatan global sebesar US$153.7 juta. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts, Owen Wilson, Jacob Tremblay, Daveed Diggs, dan Noah Jupe.

Justice League masih bisa menduduki posisi kelima dengan pendapatan tambahan US$4.2 juta dan mencatatkan total pendapatan domestik US$219.5 juta. Total pendapatan internasionalnya adalah US$414.5 juta dengan US$103.9 juta berasal dari China. Total pendapatan globalnya kini telah mencapai US$634 juta, masih berada di bawah Man of Steel (US$668 juta), Batman v Superman: Dawn of Justice (US$873.3 juta), Suicide Squad (US$745.6 juta), dan Wonder Woman (US$821.8 juta). Film ini disutradarai oleh Zack Snyder serta dibintangi oleh Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams, Gal Gadot, Ezra Miller, Jason Momoa, Ray Fisher, Jeremy Irons, Diane Lane, Connie Nielsen, dan J.K. Simmons.

Artikel Terkait