Guillermo del Toro Akan Cuti Jadi Sutradara

by Irna Gayatri 286 views


Guillermo del Toro Akan Cuti Jadi Sutradara

Guillermo del Toro baru saja memukau para juri di 74th Venice International Film Festival melalui film terbarunya, The Shape of Water. Film ini memenangkan Golden Lion dalam festival tersebut dan digadang-gadang akan membawa namanya masuk dalam nominasi Best Director di Academy Awards tahun depan. Namun, kita kelihatannya tak akan melihat karya terbarunya dalam waktu dekat karena sutradara kelahiran Meksiko ini baru saja mengumumkan keputusan rehatnya selama setahun mendatang, seperti yang disebutkan dalam Variety.

Dalam wawancara yang dilakukannya dengan beberapa wartawan di Hotel Virrey de Mendoza di Morelia, Meksiko, tersebut, del Toro mengungkapkan bahwa film hitam-putihnya, Silver, saat ini masih dalam tahap penulisan naskah. Film tersebut akan mengisahkan tentang seorang luchadore yang menemukan bahwa semua politisi adalah vampir dan bersiap membunuh mereka. Namun, skenarionya belum selesai karena del Toro memutuskan untuk menyelesaikan The Shape of Water terlebih dahulu.

“Aku mengambil cuti panjang selama setahun sebagai sutradara. Aku akan membuat Fantastic Voyage, tapi, setelah The Shape of Water, aku perlu jeda,” katanya.


Meski begitu, del Toro berencana untuk tetap aktif sebagai produser. Proyek terdekatnya adalah season kedua serial animasi Netflix, Trollhunters, yang akan tayang dalam empat minggu mendatang. Selain itu, dia juga punya dua proyek lainnya dengan Bertha Navarro; yang pertama adalah memproduksi sebuah film bersama Patricia Riggen.

“...Aku tak bisa menyebutkan judulnya, tapi dia adalah sutradara yang sangat solid, orang yang sangat baik. Dia adalah tipe penulis-sutradara yang bisa mendapatkan keuntungan dari tim produksi yang kuat yang bisa membantunya mengungkapkan apa yang dia inginkan,” ungkapnya.

Proyek lainnya adalah sebuah film dokumenter berjudul Ayotzinapa yang mengisahkan tentang peristiwa tragis yang terjadi pada 26 September 2014, saat 43 mahasiswa menghilang dan 3 lainnya terbunuh dalam serangkaian peristiwa yang kontroversial. Film ini akan mengambil sudut pandang para keluarga korban yang mengilang dan para siswa yang selamat dari peristiwa malam itu.

Setelah The Shape of Water, pada awalnya del Toro berencana untuk membuat remake film fiksi ilmiah Fantastic Voyage. Film ini akan melalui proses yang panjang dan rencananya akan mulai diproduksi paling lambat pada musim gugur 2018 untuk rilis pada 2020. Namun, terkait keputusan del Toro untuk cuti, jadwal tersebut masih mungkin berubah.

Sementara itu, The Shape of Water akan rilis terbatas di New York pada 1 Desember 2017. Setelahnya, film ini akan rilis serempak di Amerika Serikat 8 Desember 2017. Film ini juga telah dirilis di 42nd Toronto International Film Festival dan disebut-sebut sebagai film terbaik del Toro sejak Pan’s Labyrinth.