J.J. Abrams Akan Menggarap Live-Action Your Name

by Irna Gayatri 70 views


J.J. Abrams Akan Menggarap Live-Action Your Name

Hollywood kelihatannya semakin gencar membuat versi live-action dari anime Jepang. Belum lama ini Netflix meluncurkan live-action Death Note yang banyak menuai kecaman. Kali ini, anime terbaru yang akan dibuat versi live-action adalah Your Name atau Kimi no Na wa yang merupakan karya Makoto Shinkai. Nama yang digadang-gadang akan menyutradarai live-action ini adalah J.J. Abrams yang juga pernah menyutradarai Star Wars: The Force Awakens dan Star Wars: The Last Jedi.

Toho Co. bekerja sama Paramount Pictures dan Bad Robot untuk membawa Your Name ke kancah Hollywood. Naskahnya juga akan dikerjakan oleh peraih nominasi Oscar, Eric Heisserer (Arrival), berdasarkan cerita yang ditulis oleh Makoto Shinkai. Terkait adaptasi ini, dalam sebuah wawancara, Shinkai sendiri mengaku bahwa adaptasi ini mungkin akan akan membuat kita melihat banyak kemungkinan baru yang sebelumnya mungkin tak disadari. Shinkai pun menantikan adaptasi ini dengan antusias.

Film Live-action ini juga akan diproduseri oleh Abrams bersama Lindsey Weber dari Bad Robot dan Genki Kawamura dari Toho Co. yang juga memproduseri anime-nya. Your Name telah meraih kesuksesan yang luar biasa dengan menjadi film animasi terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan US$355 juta. Anime ini pun dinominasikan sebagai film animasi terbaik dalam 40th Japan Academy Prize.


Anime-nya mengisahkan Mitsuha dan Taki, dua remaja yang bosan dengan kehidupannya masing-masing dan berharap bisa menjadi orang lain. Saat sebuah komet melintasi langit Jepang, mereka bertukar tubuh dan merasakan kehidupan yang berbeda. Mitsuha yang bosan dengan kehidupan tradisionalnya bisa menjalani kehidupan modern Taki di Tokyo, begitu pula sebaliknya; Taki bisa menjalani kehidupan tradisional Mitsuha di pedesaan.

Ini bukan pertama kalinya bagi Paramount Pictures untuk membawa adaptasi anime menjadi live-action Hollywood. Tahun ini, Paramount membawa Ghost in the Shell yang—terlepas dari betapa dinantikannya live-action ini—tampil cukup mengecewakan. Kisah yang diubah menjadi lebih sederhana kelihatannya menjada alasan utama di samping isu whitewashing yang menimpa pemainnya, Scarlett Johansson.

Meski belum memulai produksinya, Your Name pun kelihatannya tak akan terlepas dari isu whitewashing mengingat anime-nya mengaitkan kehidupan modern dan tradisional Jepang, yang kemungkinan besar akan dihilangkan untuk pasar Hollywood. Tapi, dengan nama-nama besar yang akan menggarap adaptasi ini, semoga saja hasilnya tak akan mengecewakan.