Buang-Buang Duit $250 Juta ala Fast & Furious 8

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 959 views


Buang-Buang Duit $250 Juta ala Fast & Furious 8

Kemunculan kembali film kedelapan dari franchise Fast & Furious ternyata disambut dengan hangat, tidak hanya oleh para pencinta film di seluruh dunia, tetapi juga Indonesia. Meskipun tidak lagi menampilkan sosok Paul Walker, namun hal ini tidak menghentikan para penyuka adrenalin untuk berbondong-bondong menyaksikan film ini di bioskop. 

Di akhir pekan ini saja, Fast & Furious 8 diperkirakan berhasil mengumpulkan total pendapatan kotor mencapai $534,2 juta yang merupakan gabungan antara Amerika Utara ($103,8 juta) dan internasional ($430,4 juta). Bujet film kedua yang mempertemukan Charlize Theron dan Jason Statham ini sendiri memang fantastis karena menelan biaya hingga $250 juta. Kita tentu bertanya-tanya, dipakai untuk apa saja uang tersebut? Berikut adalah SEDIKIT hal yang menelan biaya besar tersebut (kami yakin ada hal-hal lain yang mungkin lebih menelan biaya, tapi tidak belum terungkap saja).

1. Adegan "hujan" mobil di pertengahan film ternyata di-shoot menggunakan mobil sungguhan yang dijatuhkan dari tempat parkir setinggi enam lantai. Oke, ada yang mau meniru ini untuk adegan film pendek kalian?

2. Pembuat mobil-mobil Fast & Furious 8, Dennis McCarthy, menyiapkan berbagai mobil yang kalian lihat wara-wiri di film dan menghabiskan dana sebesar $17 juta atau kalau dirupiahkan sekitar Rp226 miliar. 

3. Selain mobil-mobil yang dipakai oleh karakter protagonis dalam film ini, McCarthy juga membuat sekitar 300 mobil untuk dipakai syuting dan semua mobil tersebut diselesaikan dalam waktu enam bulan. Nope, mobil-mobil ini tidak sesuai standar internasional karena toh pada akhirnya akan dihancurkan juga. So, why bother?

4. Salah satu adegan yang cukup menelan biaya adalah balapan di Kuba. Lalu, kenapa yang ditampilkan adalah mobil-mobil kuno Amerika? Hal ini disebabkan embargo yang dilakukan oleh pemerintah Amerika kepada Kuba sehingga tidak ada mobil baru Amerika yang diekspor ke negara ini sejak tahun 1960. 

5. Lamborghini oranye yang dikendarai Roman (Tyrese Gibson) mencapai harga Rp4,7 miliar (di tahun 2010) untuk kemudian...ditenggelamkan di dalam es. Whaaat??