Academy Ubah Aturan Pemilihan Animasi Terbaik di Oscar

by Irna Gayatri 230 views


Academy Ubah Aturan Pemilihan Animasi Terbaik di Oscar

The Academy of Motion Pictures Art and Science terus melakukan perubahan dari waktu ke waktu untuk mendapatkan hasil terbaik dalam penilaian mereka. Termasuk yang baru-baru ini dilakukan adalah perubahan peraturan untuk pemilihan Best Animated Feature atau Animasi Terbaik dalam Academy Awards. Beberapa perubahan yang dilakukan ini agaknya akan memengaruhi jenis film animasi yang bisa masuk nominasi.

Perlu Jelata ketahui, dalam sistem penilaian Academy Awards, terdapat Branch untuk setia; kategori. Sebelumnya, hanya Branch yang bersangkutan yang bisa memilih film-film untuk dimasukkan ke dalam nominasi (kecuali untuk nominasi Best Picture, semua Branch memilih film untuk dinominasikan). Dengan kata lain, untuk Best Animated Feature, hanya Short Films and Feature Animation Branch yang bisa memilih fim untuk masuk ke dalam nominasi, baru setelahnya Branch lain bisa memilih.

Dalam perubahan yang baru saja dilakukan, para ahli perfilman bisa memilih karya-karya terbaik menurut mereka, kemudian mengajukannya kepada Academy. Namun, informasi lain menyebutkan bahwa sistem nominasi Best Animated Feature ini akan seperti Best Picture. Para Branch bisa memilih film yang akan dinominasikan sebelum akhirnya memutuskan film yang masuk nominasi.

Keputusan ini tentu saja akan menghasilkan variasi yang lebih beragam dalam film-film yang dinominasikan. Sebelumnya, Academy Awards memberikan kesempatan besar bagi film-film indie untuk dikenal oleh masyarakat sehingga tak mengherankan jika beberapa film yang masuk nominasi bahkan tak ditayangkan secara komersial di seluruh dunia. Sekarang, dengan sistem pemilihan yang lebih terbuka, film-film populer dari rumah produksi besar mungkin akan punya kesempatan lebih besar untuk masuk nominasi.