Eorlingas: The Indonesia Tolkien Society

by dr. kawe 424 views


Kalau kemarin Mimin sudah menampilkan wawancara dengan Indonesia Hunger Games, kali ini Mimin sengaja berkemas dan terbang ke ranah Middle Earth (naek apa? Bis malam Lorena dong…#bukan iklan). Di sini, Mimin bertemu dengan komunitas yang khusus berisi para pencinta kisah-kisah apik tulisan Ki J.R.R. Tolkien yang sudah mendunia, baik itu trilogi The Lord of the Rings maupun The Hobbit. Nah, dalam rangka perilisan The Hobbit: Desolation of Smaug yang keluar serentak pada 13 Desember 2013 di seluruh dunia, Mimin melakukan wawancara secara mendalam dan penuh perasaan dengan para anggota Eorlingas. Seperti apa? Baca terus tulisan Mimin yaaa…

Selayaknya bayi yang baru lahir dan menapaki dunia baru yang penuh dengan rintangan dan halangan ini (#aeh sadeeeesss), maka komunitas Eorlingas yang bernama lengkap (terakhir Mimin lihat di KTPME [Kartu Tanda Penduduk Middle Earth] sih begitu) adalah Eorlingas: The Indonesia Tolkien Society terbentuk pada 12 Juli 2003. Sejak terbentuk sampai sekarang, anggota mailing list mereka sudah mencapai 333 orang, anggota Facebook 717 orang, dan Twitter yang baru aktif pada Juli lalu sebanyak 782 follower. Menurut salah satu anggota, yaitu Novia, “Eorlingas berasal dari yahoogroups Indo-LOTR yang kemudian perlahan tapi pasti berkembang menjadi Eorlingas. Pendiri Eorlingas sendiri, sekaligus anggota-anggota pertama, adalah Riri Rafiani, saya, Dini, Yuni.”

Lalu, nama Eorlingas itu sendiri artinya apa sih? Ternyata, Eorlingas bukanlah sejenis nama ketela (ini Mimin asli asal nebak lho). Menurut Dini, “Eorlingas (baca: Eorlinggas) adalah nama yang merujuk ke kaum Éothéod atau yang lebih banyak dikenal umum sebagai Riders of Rohan atau Rohirrim. Kenapa pilih Eorlingas? Karena Eorlingas adalah ras manusia yang selalu bisa diandalkan di saat Middle Earth membutuhkan aliansi yang kuat dalam memerangi kekuatan jahat. Alasan lainnya, kebetulan para pendiri Eorlingas suka sekali dengan karakter bangsa Rohan yang digambarkan sebagai penunggang kuda yang tangguh.

Sebagai sebuah komunitas, nggak seru dong kalau nggak ada acara. Begitu juga dengan Eorlingas yang sejak berdirinya sudah mengadakan berbagai event, seperti nobar Extended Version The Fellowship of The Ring & The Two Towers di Gedung 28, Kemang dengan mengundang Joko Anwar untuk diskusi film The Fellowship of The Ring, ikut World Book Day, hingga pesta perayaan terbentuknya Eorlingas di Kebun Raya Bogor (kami menyebutnya Kebun Raya Mirkwood :p) atau perayaan ulang tahun Prof. Tolkien 3 Januari karena di tanggal ini, semua penggemar Tolkien di seluruh dunia melakukan toast secara bersamaan pada jam 9 malam waktu lokal (http://www.tolkiensociety.org/toast/2012/). Ih, bisa bayangin dong serunya?? (#bayangin sambil ngunyah ubi).

Terus, siapa aja sih para penghuni Middle Earth yang cukup aktif dalam Eorlingas? “Aktivisnya yang paling sering muncul baik secara virtual maupun physical: Riri “Luthien”, Dini “Haleth”, Novia “Illyria”, Yohanna “Elwen”, Heny, Waldo “Bombur”, Kania Anggraini “Niphredil”, Budi “Frodo”, Kania Damayanti “Elanor”, Poppy “Arwen”, Diana “Raellyra Took” Hadi “Elranhir”, Tities, Ijul “Varda”, Rheeq “Legolas”, jelas Dini. Wah, semua punya nama masing-masing. Kalau Mimin, mungkin namanya Mimin “Kaki Hobbit Berbulu” (macam nama orang Indian di komik-komik Donal Bebek ya?)

Sebagai pencinta karya J.R.R Tolkien, manakah karya yang paling disukai oleh para anggota Eorlingas. Dini sendiri menolak menjawab atas nama komunitas karena menurutnya semua pasti memiliki kesukaan masing-masing. Tapi, kalau atas nama pribadi, doski (#doskiiii…90’an banget!) memilih The Two Towers. “Karena ya… di situ mulai muncul bangsa Rohan. Tapi, trilogi itu gak emang gak bisa dipisah. Pertanyaan ini gak adil deh, bikin dilematis…”

Demikian wawancara singkat Mimin Kaki Hobbit Berbulu dengan para anggota Eorlingas. Kalian mau bergabung?? Bisa banget buka link-link di bawah ini. Namarie, Jelata!

Eorlingas: The Indonesia Tolkien Society.

Mailing List  http://groups.yahoo.com/group/indo-LOTR/

Facebook https://www.facebook.com/groups/eorlingas/?ref=ts&fref=ts

Twitter https://twitter.com/Eorlingas_ID

Artikel Terkait