Gerbang Neraka Janjikan Film Horor yang Berbeda

by Irna Gayatri 689 views


Setelah tak terdengar kabarnya selama hampir dua tahun, akhirnya Legacy Pictures merilis trailer sekaligus jadwal tayang Gerbang Neraka di Plaza Indonesia XXI Lounge. Film ini sebelumnya berjudul Firegate, namun kini berganti judul menjadi Gerbang Neraka khusus untuk pasar Indonesia. Robert Ronny, sang produser sekaligus penulis skenario, memang telah berencana untuk merilis film ini di Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Singapura. Judul Firegate dipersiapkan untuk perilisan di empat negara tersebut.

“Judul berbahasa Indonesia Gerbang Neraka menjadi pilihan untuk rilis dengan alasan sederhana, agar penonton tidak salah mengira bahwa ini film asing,” jelas Ronny produser Legacy Pictures ini.


Berbeda dengan film horor pada umumnya yang masih berkisar kepada peristiwa kerasukan, rumah berhantu, atau kutukan hantu, Rizal Mantovani memilih untuk menghadirkan film horor yang berbeda melalui Gerbang Neraka. Berpusat kepada kisah Situs Gunung Padang yang disebut-sebut sebagai situs tertua di dunia, Gerbang Neraka akan menjadi film horor Indonesia pertama yang ber-genre fantasy adventure.

Rizal pun mengaku bahwa ada teori konspirasi yang diangkat di dalamnya sehingga riset juga dilakukan cukup lama karena beberapa bagian diambil berdasarkan fakta. Meski begitu, Rizal dan Ronny meyakinkan bahwa, meski berdasarkan fakta, bagaimana pun ini adalah film fiksi. Film ini akan bermain di wilayah yang mengundang tanya dan siap menghadirkan kejutan di akhirnya. 

Terkait jeda rilisnya, Ronny mengaku bahwa salah satu faktornya adalah penggunaan efek CG yang ternyata cukup menguras waktu dalam pengerjaannya. Sekitar 35% adegan dalam film ini dibangun menggunakan efek CGI, terutama dalam penggambaran bagian luar dan dalam Situs Gunung Padang. Rizal pun mengaku bahwa salah satu hal tersulit dalam pembuatan film ini adalah menggambarkan situs yang sudah ditutup itu.


Ronny berharap bahwa Gerbang Neraka akan menjadi film yang disukai penonton Indonesia.

“Film dengan genre horor petualangan ini menjadi suguhan yang akan menyemarakkan tontonan film horor yang sekarang mulai disukai kembali oleh penonton film Indonesia. Unsur cerita yang meramu petualangan, misteri, dan horor dengan perpaduan akting mumpuni para pemainnya akan menjadi hal yang seru bagi penonton filmnya,” terang sutradara Dilema (2012) dan Hattrick (2012) ini.

Gerbang Neraka adalah film kedua yang diproduksi sendiri oleh Legacy Pictures setelah Kapan Kawin? Rilis pada 20 September 2017, film ini akan menjadi film horor yang berbeda. Menggandeng sutradara Jailangkung tak hanya menjadi satu-satunya nilai plus dari film ini. Jajaran pemainnya pun tak main-main; ada Reza Rahadian, Julie Estelle, Dwi Sasono, Ray Sahetapy, dan Lukman Sardi.