Trailer Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak Rilis Menjelang Diberangkatkan ke Cannes

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 578 views


Butuh lima tahun bagi Mouly Surya untuk menelurkan kembali karya layar lebarnya setelah Fiksi dan What They Don’t Talk About When They Talk About Love. Di tahun 2017, ia pun mendapat kesempatan menghadirkan Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak di ajang Cannes Film Festival 2017 dalam sesi Director’s Forthnight.

Pada Jumat (12/5), bertempat di lounge XXI Plaza Indonesia, tim Marlina pun mengadakan jumpa pers untuk melepas kepergian mereka ke salah satu festival film bergengsi di dunia itu sekaligus meluncurkan trailer untuk pertama kalinya. Untuk perilisannya di Indonesia sendiri, Marlina direncanakan tayang pada Oktober 2017.

Dari trailer yang ada, Mouly sendiri mengakui bahwa meski mengambil tanah Sumba sebagai latar belakangnya, namun dia terinspirasi Western. Tidak heran bila nuansa yang terasa di film ini adalah film-film yang menggambarkan dunia koboi, seperti Django Unchained, The Hateful Eight, ataupun The Magnificent Seven.

Ide cerita ini sendiri berasal dari Garin Nugroho yang diungkapkan kepada Mouly saat keduanya sama-sama duduk di bangku juri Festival Film Indonesia 2014. “Judul awal yang diberikan Mas Garin sendiri adalah “Perempuan”. Tapi, karena dia sudah beberapa kali mengangkat kisah mengenai kebudayaan Sumba, maka dia serahkan cerita ini untuk saya kembangkan sesuai keinginan.”

Mengingat berbagai perusahaan yang membantu terwujudnya film ini, Fauzan Zidni selaku produser mengiyakan bahwa Marlina bisa jadi akan diputar juga di luar Indonesia. “Saat ini sedang dalam tahap pembicaraan untuk diputar di beberapa negara, seperti Malaysia, Thailand, dan mungkin Eropa.”

Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak ini sendiri berkisah mengenai seorang janda diserang dan ternaknya dirampok. Untuk mempertahankan diri, Marlina membunuh para perampok dan membawa kepala salah satunya dalam perjalanan panjang untuk mencari keadilan.