16 Tahun Terpisah, Rizal Mantovani-Jose Poernomo Kembali Sutradarai Jailangkung

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 395 views


Kemunculan Jelangkung karya Rizal Mantovani dan Jose Poernomo pada tahun 2001 benar-benar menjadi fenomena di dunia perfilman Indonesia saat itu, terutama horor. Berhasil menarik penonton hingga mencapai 1,3 juta orang tentu bukanlah pencapaian yang kecil pada masa itu. Dua sekuelnya kemudian muncul, Tusuk Jelangkung yang disutradarai Dimas Djayadiningrat dan Jelangkung 3 oleh Angga Dwimas Sasongko.

Kesuksesan Jelangkung yang luar biasa tersebut tentunya seakan menjadi nostalgia bagi sebagian besar penonton film Indonesia yang mengharapkan film horor lokal tidak hanya mengumbar sensualitas dan komedi semata. Tetapi, sanggup kembali menakut-nakuti penontonnya.

Rumah produksi Screenplay Films pun rupanya membaca keinginan ini dan kembali menduetkan Rizal-Jose dalam Jailangkung 16 tahun pasca Jelangkung rilis. Apakah ini akan menjadi reboot? Ternyata tidak. Menurut Rizal, cerita, latar cerita, tokoh, kemasan, hingga pemainnya akan jauh berbeda. Selain itu, tidak ada keterkaitan apa pun dengan film sebelumnya.

Serupa dengan bersatunya kembali Rizal dan Jose, Jailangkung juga akan mempertemukan lagi dua bintang remaja. Jefri Nichol dan Amanda Rawles akan menjadi pemeran utama film horor kini mengusung tagline “datang gendong, pulang bopong” ini. Uniknya, Screenplay Films mengincar jadwal rilis Lebaran 2017. Jadwal yang biasanya dikuasai film-film drama, komedi, dan religi.

Sanggupkah Jailangkung menyamai kesuksesan Jelangkung? Kita tunggu saja.